Minggu, 30 September 2012

WWW


WWW “World Wide Web”
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgebrYDR7riftigPa2trWXUBZED1Dlyeeh6QZ2PDTCBPtZWq7ETCj9JPtd3o7DDw3RwSBDLK0Eeb1Mhp7ljc8_Qz3KYafO6nxK6EUbQdxFpnkr02ZRRZ80AWASUgcRcet5wMHek2rkKO2g/s400/www.jpg

Sebelum membahas lebih jauh tentang “WWW”, saya akan menjelaskan sejarah dari WWW itu sendiri “World WIde Web”.
World wide web mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet lainnya. Pada tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggungjawab atas sebagian besar lalu lintas internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga kadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidaklah sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen tersebar yang berjalan di internet. Web dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuan semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.
WWW atau World Wide Web adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
Dengan pengertian diatas diharapkan bagi para pengguna internet akan lebih percaya diri bila ditanya apa itu www world wide web  karena gak lucu kalau kita tidak tahu apa itu maksud, sejarah, pengertian www hehehehe... 
Dalam kata lain, WWW ( World Wide  Web) adalah salah satu fasilitas di internet menawarkan berbagai kecanggihan dan kemudahan.
Dokumen di WWW menjadi suatu dokumen yang disusun dengan format HTML datau Hipertex Text Markup Language. Dan untuk mengakses  dan menampilkan dokumen tersebut, pemakai internet harus menggunakan program aplikasi  clientnya atau sering disebut dengan WWW browser.
WWW diciptakan dengan tujuan untuk menyediakan suatu bentuk penyediaan informasi di internet yang menungkinkan pemakai intenet mendapatkan dan menampilan informasi dimana saja  di internet secara mudah dan cepat.


Berikut adalah biografi Tim Berners-Lee
Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, KBE (TimBL atau TBL) (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955; umur 56 tahun) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya. Dialah ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan global maya atau www. yang menjadikan tiga huruf kembar populer di dunia teknologi informasi (TI). Lalu apa hubungan www dengan Internet? Internet adalah jaringan komputer se-dunia yang dibentuk dan dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS. Sementara itu, WWW adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa. 

Jika internet merupakan jalan raya tempat terjadinya arus lalu lintas data, maka www adalah browser-nya (istilah yang populer saat ini). Browser memudahkan pengguna internet melakukan surfing dan menampilkan data yang diinginkan. Berners Lee adalah penulis program browser pertama dan server WWW pertama di dunia. Saat ini, browser yang sering digunakan adalah Internet Explorer, Netscape dan Mozilla.

Berners-Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Kesemuanya itu adalah bahasa pemrograman yang digunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainnya.

Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Mengingat CERN merupakan institusi multi-nasional, Berners Lee ingin membuat suatu software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan lebih efisien. Dia menamakan software tersebut Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything, judul ensiklopedia yang dia ingat waktu masih kecil. Ide ini lantas dikembangkannya di luar organisasi CERN. Lee berpikir, mengapa hanya membatasi jaringan ini dalam CERN saja? Bagaimana kalau para ilmuwan di tempat lain ingin berbagi informasi? Maka, sistem yang dia ciptakan akhirnya berkembang pesat sepesat perkembangan jaringan internet itu sendiri. 

Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama WorldWideWeb dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpdid="BLOGGER_PHOTO_ID_5645094277314458738" border="0">
Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu ia juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991. Lee lantas meluncurkan browser-nya pada tahun 1991. Tetapi belum banyak orang yang menggunakan media WWW yang ditemukannya, sampai beberapa tahun kemudian seorang bernama Marc Andressen meluncurkan browser yang lebih populer, Mosaic. Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology. Marc lantas mendirikan Netscape. Sejak saat itu pengguna internet dan WWW berkembang dengan sangat pesat.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Pada 16 Juli 2004 dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.

Apa yang dilakukan Lee saat ini, tidak terlepas dari kehidupannya di masa lalu. Semenjak kecil, orang tua Tim sudah mengajarkannya untuk berfikir kreatif. Bahkan semasa kecil, Lee sering bermain-main dengan bilangan imajiner dalam pikirannya (seperti berapa nilai akar dua dari minus 4). Ketika lee mulai kuliah di Oxford, dia sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Dia juga mempelajari fisika karena fisika menggabungkan konsep matematika dan elektronika. "Fisika sangat menyenangkan" akunya.

Kalau Marc menjadi miliuner dengan produk yang dibuatnya, Lee dengan visi jauh ke depannya memutuskan untuk berkiprah di organisasi nirlaba dan tak banyak mengambil untung dari penemuan dan keahliannya. Saat ini, Tim Berners Lee menjabat Direktur World Wide Web Consortium (W3C) yang berkantor di Massachussets Institute of Technology. W3C adalah sebuah organisasi yang memiliki 400-an anggota dengan staf sekira 40 orang yang tersebar di seluruh dunia.

Tujuan organisasi ini adalah untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan lintas platform (interoperable technologies), menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web. Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan banyak lagi. Mereka bekerjasama mengembangkan teknologi yang mengeksploitasi WWW agar dapat digunakan oleh lebih banyak orang. Yang berarti juga membagi ilmu pengetahuan bagi sesama.

Beberapa waktu lalu, Tim Berners Lee mendapat kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME. Namanya bisa disejajarkan dengan ilmuwan komputer Alan Turing, dan perintis 'kaliber' berat dari beragam bidang lainnya semacam psikoanalisis, antropologi, fisika, biologi, ekonomi, bahkan teknologi pesawat terbang..


Salah suatu penyebab utama pesatnya pertumbuhan World Wide Web adalah kemudahan dalam penggunaannya. Pada Web, Anda cukup mengklik tombol mouse pda suatu link untuk mendapatkan suatu informasi, dan link tersebut secara otomatis akan membawa Anda ke informasi yang anda inginkan. Sistem yang menghubungkan informasi-informasi melalui link ini disebut dengan nama hypertext. Dengan semakin berkembangnya World Wide Web, istilah hypertext ini kemudian berubah menjadi hypermedia, dimana link-link penghubung antar informasi bukan lagi hanya berupa suatu teks, tetai juga bisa berupa suatu file multimedia, seperti gambar, suara atau video.


Perpustakaan Informasi dalam Web
Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar saja (seperti IBM, Microsoft) yang menyadari pentingnya penggunaan Web bagi kemajuan perusahaannya, tetapi juga perusahaan-perusahaan kecil yang berskala perusahaan keluarga juga tidak mau kalah dalam memanfaatkan Web untuk kepentingan bisnisnya. Hampir segala macam jenis usaha dapat Anda temui dalam Web. Bahkan anda tidak hanya dapat menemukan informasi tentang politik, hiburan, kesehatan, agama, pengetahuan, dan berbagai macam informasi lainnya.


Fungsi dari WWW “World WIde Web”
Fungsi dari WWW adalah menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.


Berikut cara kerja dari WWW
Cara kerja www mengikuti aturan - aturan tertentu untuk bisa berinteraksi antara server dan client. Gambaran tentang cara kerja www bisa dilihat pada grafik dibawah ini: 


http://female.store.co.id/images/Image/images/cara%20kerja%20www1.JPG


Keterangan:
  • Dengan menggunakan browser (seperti Mozila Firefox, Google, Internet explorer, dll) user memasukkan permintaan (query)
  • Setelah ditekan tombol ok, maka permintaan tersebut akan terkirim ke web server dan kemudian web server akan mengirimkan permintaan tersebut ke server script atau program CGI
  • Server script akan mengolah permintaan tersebut ke dalam database server, tempat dimana tersimpan berbagai macam file
  • Setelah selesai diolah di database server, kemudian hasil olahan database server tersebut dikirim kembali ke server script.
  • Server script akan mengirimkan hasil olahan database server ke web server
  • Web server akan menampilkan hasil dari perintaan user dan user bisa melihat hasil olahan tersebut di halaman web browser.
Penyebaran Informasi Menggunakan WWW (World Wide Web)
Media Informasi secara tradisional telah kita kenai dengan menggunakan koran, televisi, radio dan buku referensi. Media informasi tersebut untuk penyebarannya memerlukan penunjang agar informasi tersebut dapat disebarkan secara lutis. Selain penggunaan media tradisional tersebut penyebaran informasi dengan menggunakan jaringan komputer Internet juga berkembang. Salah satu cara penyebaran informasi dengan menggunakan aplikasi WWW (World Wide Web) yang mempunyai kemampuan menggabungkan gambar, text dan suara secara interaktif. Pada tulisan ini akan dibahas tentang kemampuan, penggunaan dan pengembangan server WWW.


Kita juga bisa lihat video cara kerja WWW di http://carapedia.com/kerja_www_info2550.html

Fasilitas yang ada di WWW
Internet sering disebut sebagai rimba raya informasi dengan sekian banyak layanan yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, bahkan cukup banyak yang gratis. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik internet saat ini. Dan kalo diamati lagi, bahwa sebenarnya semuanya adalah World Wide Web dengan beragam layanan yang ditawarkan. Berikut ini beberapa jenis layanan WWW yang perlu diketahui, antara lain :

Web Mail Service
Search Engine
Web Hosting
Portal

1. Web Mail Service
Salah satu layanan yang paling banyak digunakan orang di internet adalah email, dan untuk bisa saling berkirim email kita harus memiliki email account tertentu. Saat ini sudah cukup banyak situs web yang memberikan email account secaa gratis tanpa bayar. Kita bisa langsung memesan sebuah email account dengan nama tertentu sesuai dengan keinginan kita. Contoh : mail.yahoo.com, www.hotmail.com, dll.



2. Search Engine
Seringkali kita memerlukan untuk mencari sesuatu dari web, akan tetapi kita belum mengetahui dimanakah alamat situs web yang memberikan layanan atau informasi tersebut. Padahal jumlah situs web saat ini sudah mencapai ratusan juta situs dengan berbagai layanan yang ditawarkan. Untuk itu kita memerlukan sebuah aplikasi bantu yang akan mencari apa yang kita butuhkan di situs-situs web. Alat bantu itu disebut Search Engine. Dengan search engine kita akan cepat menemukan alamat situs yang berisi informasi yang kita butuhkan. Contoh situs search enngine : www.google.com, www.yahoo.com, dll.



3. Web Hosting
Setelah proses design dan proses penyusunan sebuah situs web selesai, maka selanjutnya kita akan upload situs tersebut di internet. Untuk itu kita memerlukan web space untuk meletakkan situs yang telah jadi itu. Bila kita berlangganan pada sebuah ISP, biasanya kita diberikan space khusus untuk keperluan ini. Akan tetapi bila tidak demikian, kita dapat menggunakan layanan web hosting gratis yang ditawarkan di internet. Contoh situs yang menawarkan web hosting gratis yaitu : www.geocities.com, www.coolfreepages.com, www.lonex.com, dll.



4. Portal.
Kalau dalam dunia nyata kita kenal mall atau plaza, yang menyediakan semua yang kita butuhkan saat belanja, maka di dunia maya pun ada fasilitas seperti ini. Di dalam satu situs web, tidak hanya menawarkan satu layanan saja, tetapi bermacam-macam layanan sekaligus. Situs seperti ini, disebut sebagai portal. Contoh portal: www.yahoo.com, www.astaga.com, dll.

Singkatan yang sering kita dengar di dunia internet tapi tidak tahu singkatannya :
www = world wide web (jaringan luas dunia = Wide Area Network)
wap = wirelles acces protocol
.com = commercial
.org = organization
.net = network
.co.id(optional) = cooperative/cooperation indonesia (uk=united kingdom/hk=hongkong)
.ac.id(optional) = academy indonesia
http = hypertext transfer protocol
ftp = file transfer protocol
html = hyper text markup language
sql = struqture query language
asp = active service page




Sumber :
http://pdii.lipi.go.id/baca/index.php/baca/article/view/35

Tidak ada komentar:

Posting Komentar