Minggu, 30 September 2012

CHATTING


CHATTING
Software chattinghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqOAryhmkZc_K7c-vrVoYOs48AL_N6nzQp_dhZu-fLaZjprmPf8-q8w-HRiOo4A6Qe_Pic409KxX80Cp86W6XRPSGlucEf98tySDShoZil60_X4dwymCPzGsTsNx-pog2tV094H8oO7vU7/s320/chatting.jpg
Pertama, kita bahas sejarah dari chat itu sendiri,
Ini benar-benar dimulai sebagai real time chatting sederhana program di tahun 1960 sebelum Internet pernah ada. Internet Relay Chat dikembangkan pada akhir 1980-an dan merupakan jenis obrolan bahwa semua pengguna komputer kebanyakan akrab dengannya. Internet relay chatting memulai dengan hanya kira-kira dua belas user pada server 38.  Sementara obrolan mungkin mulai dengan langkah lambat, sekarang salah satu aktivitas online paling populer untuk melakukan menggunakan internet dan pesan teks.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960.Begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga, yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960. Meskipun internet belum dikembangkan lagi, ada real time chat untuk program yang di izinkan pengguna yang terhubung dengan ke komputer yang sama untuk chatting dengan satu sama lain. Pesan hanya dapat dikirim ke dua pengguna pada satu waktu. Para pengguna komputer harus tahuapa alamat dari komputer itu, meskipun,untuk mengirim pesan.
Internet relay chat di ciptakan pada tahun 1988 oleh jarkko “Wiz” oikarinen. Dia dirancang server obrolan pertama saat bekerja si universitas Oulu, Finlandia di departemen ilmu informasi pengolahan. obrolan pertama adalah nama server tolsun.oulun.fi.jarkko kemudian mulai menghubungi teman-teman lainnya untuk membuat server juga. Universitas perguruan tinggi lainnya segera kemudian mulai membuat server sendiri juga. Jarkko segera menghubungi server untuk membuat jaringan pertama. begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga,yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.

Pengertian chatting :
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Manfaat / kegunaan chatting :
1.    Sarana komunikasi yang murah dan mudah
2.    Konsultasi dengan dokter, beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter yang dapat kita pergunakan.
3.    Berhubungan dengan para pakar, beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar,maka kita dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar yang kita cari.
4.    Mengetahui isi buku, melalui www.libraryplanet.com kita dapat chatting tentang isi buku.
5.    Mendapatkan teman baru, kita dapat mencari teman dari negara yang berbeda dan saling bertukar informasi dengan mereka.
6.    Sarana belajar dan diskusi, website belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun teman sekelas.


Kelebihan dan kekurangan chatting :
Kelebihan :
1.    Tidak Memakan Pulsa yang banyak
2.    Bisa conference, jadi rame rame
3.    Efisien
4.    Dilengkapi emoticon emoticon yang imut >.<
5.    Terkenal
6.    Mudah dibaca karena dari atas ke bawah
Kekurangan :
1.    Tidak semua orang bisa online
2.    Menyita waktu sangat banyak
3.    Banyak "whore" luar yang suka kirim2 gajelas (spam)

Pernah dengar istilah chat room? Pastinya sudah tidak asing lagi bagi yg suka berchatting. Sedikit saya akan membahas tentang chat room.
Kamar chatting, lebih dikenal sebagai chat room, adalah tempat virtual di mana orang bertemu online untuk berbicara satu sama lain dengan teks, audio dan video. Chat kamar telah sangat populer sejak masa awalinternet dan popularitas mereka belum pudar dari waktu ke waktu. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat menikmati menggunakan kamar mengobrol untuk berbicara,bercanda, berbagi pengalaman, bertukar ide, pikiran atau hanya mengenal satu sama lain. Chat room sepertipapan pesan interaktif di mana Anda posting pesan dan mendapatkan respon segera. Selain itu, ruangmengobrol biasanya datang dengan fitur pesan pribadi yang memungkinkan Chatters untuk mengambilpercakapan publik dengan satu individu ke area pribadi.
Namun beberapa aplikasi chat room seperti yang ditawarkan oleh Yahoo tidak memerlukan pembagian chat room karena chat room ini hanya bisa dimasuki bila orang tersebut diundang secara langsung untul ikut dalam live chat yang sedang berlangsung. Hal ini yang membedakan aplikasi yahoo dengan yang lain. Semoga bermanfaat.

Ada juga beberapa etika dalam ber-chatting :
1.    Jujur
berusaha untuk berbicara jujur.memang sih kita jujur atau tidak,tean chatting kita tidak akan tahu.tapi beberapa orang sangat senang dengan kejujuran.jika dari awal chatting,kamu sudah berbohong maka di kemudian hari kamu bisa menerima akibatnya...salah satunya mereka akan malas chatting dengan kamu lagi

2.    Jangan suka iseng
tidak semua orang yang sedang online berarti mereka memiliki waktu untuk chatting,ada beberapa orang yang online tapi mereka sedang sibuk dengan pekerjaannya.jika kamu menggunakan yahoo messenger,usahakan jangan terlalu sering "buzz" teman chatting kamu.karena hal itu akan membuat mereka marah...

3.    Sopan
baik di kehidupan nyata maupun dunia maya,kita harus selalu bersikap sopan.usahakan untuk selalu berbicara dan bersikap sopan.jangan pernah mengucapkan kata kata kotor,jika kesan peratama kamu sudah jelek maka selanjutnya mereka tidak akan lagi mau chatting dengan kamu.

4.    Ucapkan salam
setiap kali mulai chatting tidak ada salahnya kamu menuliskan beberapa kata salam seperti..halo,selamat pagi,selamat siang,apa kabar..dijamin mereka akan senang mendengarnya.dan jika akan mengakhiri percakapan..bisa gunakan kata sampai jumpa lagi,selamat tinggal,bye,atau senang ngobrol dengan kamu.

5.    Pasang status
jika kamu tidak mau diganggu oleh teman chatter lain.kamu bisa memasang status seperti "bussy,dont disturb,gak bisa diganggu"

6.    Jangan terlalu cuek
jangan terlalu lama membalas pesan dari lawan chatting kamu.karena mereka tidak akan suka disuruh menunggu terlalu lama,jika kamu sedang sibuk,katakan sedang sibuk agar mereka merasa tidak dicuekin

7.    Perhatikan penggunaan huruf
terkadang kamu menganggap remeh huruf besar(caplock).karena kamu merasa huruf besar dan huruf kecil sama saja.tapi huruf besar dan huruf kecil memiliki arti berbeda.jika menggunakan huruf kecil berarti nada bicara kamu normal dan biasa saja.tapi jika kamu menggunakan huruf besar berarti kamu sedang teriak dan bicara dengan nada keras.bagi orang yang mengerti dengan arti tulisan tersebut,mereka akan merasa tersinggung jika kamu menggunakan huruf besar.jadi hindari penggunaan huruf besar

8.    Mengganti topik
jika kamu sedang masuk kesalah satu room.disana pasti mereka sedang membahas suatu topik.jangan sekali kali kamu mencoba mengganti topik pembicaraan.karena mereka bisa marah.ikuti topik pembicaraan yang sedang dibahas.jika kamu merasa tidak cocok dengan topik yang sedang dibahas,kamu bisa pindah room dan mencari room yang sesuai dengan selera kamu.

9.    Jangan membicarakan SARA
saat mengobrol,jangan pernah membawa bawa masalah SARA kedalam topik pembicaraan.karena hal ini sangatlah sensitive,mereka dengan mudahnya akan merasa sangat tersinggung

10.  Jangan memaksakan kehendak
jika lawan bicara kamu sudah tidak mau lagi mengobrol,jangan paksakan kehendak.karena mereka akan langsung berpikir negative tentang kamu

itulah beberapa etika chatting yang harus kamu patuhi,semoga setelah memerapkannya.kamu bisa disukai oleh lawan chatting kamu.

Berikut 10 software yang layak anda ketahui :
1.    Yahoo Messenger
2.    Windows Live Messenger
3.    Google Talk
4.    AIM
5.    Pidgin
6.    Trillian
7.    Miranda
8.    ICQ
9.    Xchat
10.  Digsby
Bagaimana cara menggunakan Gmail untuk chat? Check this out...



Sumber :
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/09/05/apa-itu-chat-room/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar