Minggu, 30 September 2012

Email


Email
http://nandobase.files.wordpress.com/2012/05/email.jpg

Email = Electronic mail (surat elektronik). Sebelum membahas lebih jauh tentang email, saya akan menceritakan secara singkat asal mulanya email. Please, check it out J

Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgReTFxMHj5uncQNJkjJSsFaE1XHUwoMfpt7nBeKRQasePqScmIssmiVwbNfUg_5jjmO0AByOgemWqzZkBmKV7xXbzB4_3CiD3xRiqpfJsqtLQvjw5yi1bAG1WmQVnLmKoMglU8HIH9H_2v/s320/Raymond+Samuel++Tomlinson.jpg
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson (Raymond Samuel Tomlinson) ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Kotak surat pada saat itu adalah sebuah dokumen teks yang dapat memiliki teks tambahan yang ditambahkan pada bagian akhir. Data dapat dimasukkan, tetapi tidak dapat dihapus atau diubah. Nama dari kotak surat tersebut adalah nama dokumen teks.
Ray yang ditugaskan untuk membuat aplikasi sederhana ini mampu malakukan sedikit hal lain. Kemudian diketahui ia sedang mengerjakan sesuatu yang disebut CYPNET, yang dimaksudkan untuk mentransfer file antar komputer dalam ARPANET. “Ide yang muncul dalam benak saya adalah CYPNET dapat menambahkan materi ke dalam kotak surat seperti yang dapat dilakukan SNDMSGâ€, jelas Ray.
Maka ia memodifikasi CYPNET untuk dapat melakukan satu tugas tambahan – menambahkan sesuatu ke dalam sebuah file. Hal ini cukup mudah dan perubahan tersebut dilakukan secara cepat.
Setelah itu, Ray membuat keputusan yang telah merubah sejarah. Ia menciptakan format alamat email. Ia mendeskripsikannya? sebagai berikut, alamat kotak surat, tanda @, lalu diikuti nama mesin. Ia menggunakan tanda @ karena “sepertinya masuk akal. Saya menggunakan tanda @ untuk menandai bahwa si pengguna ‘ada di/at’ host lain selain berada di local area.â€
Ia mengirim pesan pada dirinya, yang isinya sudah hilang ditelan waktu. Pesan Email pertama segera terkirim antara dua noda PDP-10 dalam jaringan ARPANET. Sejarah telah dibuat.
Berikut Pengertian dan Definisi dari Email:
Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
1.    Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
2.    Mengetahui Username & Password dari email; ³Account dan kata sandi´.
3.    Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com,www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.Anda bisa membuat email secara gratis di sana.Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah:E-Mail:a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit) b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)c. Cukup dengan adanya jaringan internetd. Keamanan data / surat terjamin.

Perbedaan Email dengan Surat Biasa

E-Mail:
1.    Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
2.    Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
3.    Cukup dengan adanya jaringan internet
4.    Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa / Berperangko
1.    Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
2.    Pengalamatan Rumah / Kantor
3.    Membutuhkan waktu lama
4.    Keamanan Surat kurang terjamin

Manfaat dari menggunakan email
Manfaat email antara lain;

1)        E-mail dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal.
2)        Dengan e-mail, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
3)        Dapat mengirim kepada lebih dari satu orang dengan saat bersamaan.
4)        Dapat mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di seluruh dunia.
5)        Digunakan untuk berlangganan informasi tertentu secara periodik.

Ada juga beberapa kekurangan email, antara lain :
1.    Hanya bisa dibuka (kirim/terima) di Komputer/mobile/handphone yang terkoneksi dg internet/gprs.
2.    Tidak seperti SMS, email tidak memiliki nada dering :) dan anda harus login serta mengecek kotak masuk (inbox) utk mengetahui adanya email baru.

Dalam tips membuat email ini, saya akan membahas cara membuat email di Gmail, karena:
1.    Sederhana, ringan, mudah.
2.    Friendly, lebih mudah diterima bila digunakan sebagai email konfirmasi pendaftaran situs lain, seperti ke Facebook, Twitter, dsb.
3.    Mendaftar di Gmail berarti secara otomatis anda juga akan memiliki akses ke layanan Gmail lain tanpa perlu mendaftar lagi, layanan Google - Gmail lainnya al : Blogger, Bookmark, Webmaster, Analytics, Translator, dan banyak lagi.
4.    Google - Gmail bersifat Open Id, artinya anda bisa memakai nama login (username) dan sandi (password) di situs-situs yg menerima login Open Id tanpa perlu mendaftar lagi.


Cara Membuat Email di Gmail

1.    Buka situs Gmail dg mengetikkan www.gmail.com di kolom alamat browser anda, atau klik di sini
2.    Klik Create an Account atau Buat Akun dalam bahasa Indonesia
Change Language | Ganti Bahasa (bila anda inginkan)
3.    isi First name | dg Nama Depan anda
4.    isi Last Name | dg Nama belakang anda
5.    isi Desired Login Name | dg Nama Login yg diinginkan (misal: mr_bean09)
6.    klik Check availability | utk Cek ketersediaan, sebaiknya anda cek dulu utk mengetahui nama login tersebut ada yg memiliki atau tidak
7.    Choose a Pasword | Buat Sandi, isi dg kata rahasia yang hanya diketahui oleh anda. Huruf besar atau kecil yg dimasukkan dianggap beda, jadi pastikan anda mengingatnya.
8.    Re-enter Password | masukkan kembali kata sandi sama persis dengan yg pertama. 1- Stay Sign in | Tetap masuk , beri tanda bila anda ingin tetap masuk (tanpa login) setiap membuka Email di komputer anda, sebaiknya hilangkan tanda bila anda memakai komputer umum. 2- Web History | Sejarah Web, bila anda mengaktifkan [tanda] maka google akan mencatat semua yang anda lakukan di semua situs milik Google.
9.    Security Question | Pertanyaan rahasia, misal : what was your first phone number]
10.  Answer | Jawaban dari pertanyaan rahasia, misal: 123456
11.  Secondary Email | Email sekunder, isi bila anda punya, atau kosongi bila tidak punya
12.  Location | Lokasi : Indonesia
13.  Word verification | Verifikasi kata, ketik kata yg tertera pada gambar
14.  Term of service | Persyaratan Layanan, sebaiknya dibaca dulu.
15.  klik I Accept, Create my account | Saya menerima, buat Akunku
16.  Bila berhasil, akan terbuka halaman konfirmasi atau pemberitahuan bahwa anda telah berhasil membuat Email


Beberapa daftar situs penyedia layanan internasional dan nasional :

Daftar Situs Penyedia Layanan Email Gratis Dunia Internasional
  • GMail (Google Mail) : http://gmail.com
  • Yahoo Mail : http://mail.yahoo.com
  • MSN Hotmail : http://www.hotmail.com
  • Mail : http://www.mail.com
  • Inbox : http://www.inbox.com
  • AIM Mail - AOL (American OnLine) : http://mail.aol.com
  • GMX : http://www.gmx.com
Daftar Situs Penyedia Layanan Email Gratis Lokal di Indonesia
  • Telkom : http://mail.telkom.net
  • Plasa : http://mail.plasa.com
  • ILMCI : http://mail.ilmci.com

Cara Menggunakan Email - Login dan Mengirim Email dengan Gmail
Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda :
1.    Username | Nama Login
2.    Password | Sandi
3.    Stay signed in | Tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)

Cara Membaca Email :
1.    Login
2.    Pilih [klik] Email yang ingin dibaca
3.    Untuk kembali ke daftar Email awal, atau utk melihat bila ada email terbaru, klik Inbox (Di layanan email lain seperti yahoo, hotmail, dsb, anda harus klik Inbox utk menuju ke daftar email masuk)

Cara Mengirim Email
1.    Login [bila belum login]
2.    Pilih [klik] Compose Mail | Buat Surat
3.    To | Kepada, isi dengan email tujuan  ( Cc/Bcc, dikosongi saja)
4.    Subject | Perihal, judul, maksud, tujuan dibuatnya surat
5.    Attachments | Lampiran
- Choose | Pilih file
- Attach more files | Lampirkan file lainnya
- Send | klik utk Kirim Surat
- Save draft | utk menyimpan email yg baru dibuat, tapi belum akan dikirim
- Discard | Gagal, tidak jadi kirim surat

Menu lainnya
1.    Starred - daftar Email yg ditandai
2.    Sent - daftar Email terkirim
3.    All mail - daftar semua email
4.    Spam - daftar Email bohong, iseng, biasanya menipu
5.    Trash - seperti tempat sampah (Recycle bin), berisi email yg di delete (di hapus)
6.    Contacts - Daftar Contact Email teman
7.    Settings - Setelan
Logout | Keluar
Biasakan klik Log out setiap selesai menggunakan akun Email demi keamanan privasi anda
Buat Email Sekarang !!

Kita juga dapat melihat cara kerja email pada link yg tertera dibawah ini

Berikut beberapa sumber saya ambil :
http://articles-at.blogspot.com/2011/04/cara-menggunakan-email-login-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar