Email
Email = Electronic mail (surat
elektronik). Sebelum membahas lebih jauh tentang email, saya akan menceritakan
secara singkat asal mulanya email. Please, check it out J
Semuanya
bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman
(BBN). Perusahaan ini dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk
menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi
internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency
Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara
institusi militer dan pendidikan satu sama lain.
Pada
tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson (Raymond Samuel Tomlinson) ditugaskan dalam proyek yang disebut
SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru,
sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa
kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan
program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat
saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang
kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Kotak
surat pada saat itu adalah sebuah dokumen teks yang dapat memiliki teks
tambahan yang ditambahkan pada bagian akhir. Data dapat dimasukkan, tetapi
tidak dapat dihapus atau diubah. Nama dari kotak surat tersebut adalah nama
dokumen teks.
Ray
yang ditugaskan untuk membuat aplikasi sederhana ini mampu malakukan sedikit
hal lain. Kemudian diketahui ia sedang mengerjakan sesuatu yang disebut CYPNET,
yang dimaksudkan untuk mentransfer file antar komputer dalam ARPANET. “Ide
yang muncul dalam benak saya adalah CYPNET dapat menambahkan materi ke dalam
kotak surat seperti yang dapat dilakukan SNDMSG�, jelas Ray.
Maka
ia memodifikasi CYPNET untuk dapat melakukan satu tugas tambahan –
menambahkan sesuatu ke dalam sebuah file. Hal ini cukup mudah dan perubahan
tersebut dilakukan secara cepat.
Setelah
itu, Ray membuat keputusan yang telah merubah sejarah. Ia menciptakan format
alamat email. Ia mendeskripsikannya? sebagai berikut, alamat kotak surat, tanda
@, lalu diikuti nama mesin. Ia menggunakan tanda @ karena “sepertinya masuk
akal. Saya menggunakan tanda @ untuk menandai bahwa si pengguna ‘ada di/at’
host lain selain berada di local area.�
Ia
mengirim pesan pada dirinya, yang isinya sudah hilang ditelan waktu. Pesan
Email pertama segera terkirim antara dua noda PDP-10 dalam jaringan ARPANET.
Sejarah telah dibuat.
Berikut Pengertian dan Definisi dari
Email:
Email
adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan
salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu
yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).Syarat melakukan pengiriman E-mail
(Mengirim surat dengan internet) adalah:
2. Mengetahui Username & Password dari email;
³Account dan kata sandi´.
3. Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di
internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di
www.yahoo.com,www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.Anda bisa membuat
email secara gratis di sana.Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang
menggunakan prangko) adalah:E-Mail:a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat
singkat (+- 1 menit) b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat
rumah)c. Cukup dengan adanya jaringan internetd. Keamanan data / surat
terjamin.
Perbedaan Email dengan Surat Biasa
E-Mail:
1. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1
menit)
2. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat
rumah)
3. Cukup dengan adanya jaringan internet
4. Keamanan data / surat terjamin.
Surat
Biasa / Berperangko
1. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar
per pengiriman (dengan membeli perangko).
2. Pengalamatan Rumah / Kantor
3. Membutuhkan waktu lama
4. Keamanan Surat kurang terjamin
Manfaat dari menggunakan email
Manfaat
email antara lain;
1)
E-mail dapat menghubungkan kita dengan
siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa
lokal.
2)
Dengan e-mail, data dikirim secara
elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat.
3)
Dapat mengirim kepada lebih dari satu
orang dengan saat bersamaan.
4)
Dapat mempermudah komunikasi dengan orang
yang ada di seluruh dunia.
5)
Digunakan untuk berlangganan informasi
tertentu secara periodik.
Ada juga beberapa kekurangan email, antara lain :
1.
Hanya bisa dibuka (kirim/terima) di
Komputer/mobile/handphone yang terkoneksi dg internet/gprs.
2.
Tidak seperti SMS, email tidak memiliki
nada dering :) dan anda harus login serta mengecek kotak masuk (inbox) utk
mengetahui adanya email baru.
Dalam tips membuat email ini, saya akan membahas cara
membuat email di Gmail, karena:
1. Sederhana, ringan, mudah.
2.
Friendly, lebih mudah
diterima bila digunakan sebagai email konfirmasi pendaftaran situs lain,
seperti ke Facebook, Twitter, dsb.
3.
Mendaftar di Gmail berarti
secara otomatis anda juga akan memiliki akses ke layanan Gmail lain tanpa perlu
mendaftar lagi, layanan Google - Gmail lainnya al : Blogger, Bookmark,
Webmaster, Analytics, Translator, dan banyak lagi.
4. Google - Gmail bersifat Open Id, artinya anda bisa memakai nama login
(username) dan sandi (password) di situs-situs yg menerima login Open Id tanpa
perlu mendaftar lagi.
Cara Membuat Email di Gmail
1. Buka situs Gmail dg mengetikkan www.gmail.com di kolom alamat browser
anda, atau klik di sini
2.
Klik Create an Account atau
Buat Akun dalam bahasa Indonesia
Change Language | Ganti Bahasa (bila anda inginkan)
3.
isi First name | dg Nama
Depan anda
4.
isi Last Name | dg Nama
belakang anda
5.
isi Desired Login Name | dg
Nama Login yg diinginkan (misal: mr_bean09)
6.
klik Check availability |
utk Cek ketersediaan, sebaiknya anda cek dulu utk mengetahui nama login
tersebut ada yg memiliki atau tidak
7.
Choose a Pasword | Buat
Sandi, isi dg kata rahasia yang hanya diketahui oleh anda. Huruf besar atau
kecil yg dimasukkan dianggap beda, jadi pastikan anda mengingatnya.
8.
Re-enter Password | masukkan
kembali kata sandi sama persis dengan yg pertama. 1- Stay Sign in | Tetap masuk
, beri tanda bila anda ingin tetap masuk (tanpa login) setiap membuka Email di
komputer anda, sebaiknya hilangkan tanda bila anda memakai komputer umum. 2- Web
History | Sejarah Web, bila anda mengaktifkan [tanda] maka google akan mencatat
semua yang anda lakukan di semua situs milik Google.
9.
Security Question |
Pertanyaan rahasia, misal : what was your first phone number]
10. Answer | Jawaban dari pertanyaan rahasia, misal: 123456
11. Secondary Email | Email sekunder, isi bila anda punya, atau kosongi bila
tidak punya
12. Location | Lokasi : Indonesia
13. Word verification | Verifikasi kata, ketik kata yg tertera pada gambar
14. Term of service | Persyaratan Layanan, sebaiknya dibaca dulu.
15. klik I Accept, Create my account | Saya menerima, buat Akunku
16. Bila berhasil, akan terbuka halaman konfirmasi atau pemberitahuan bahwa
anda telah berhasil membuat Email
Beberapa daftar situs penyedia layanan internasional
dan nasional :
Daftar Situs Penyedia
Layanan Email Gratis Dunia Internasional
- GMail (Google Mail) : http://gmail.com
- Yahoo Mail : http://mail.yahoo.com
- MSN Hotmail : http://www.hotmail.com
- Mail : http://www.mail.com
- Inbox : http://www.inbox.com
- AIM Mail - AOL (American OnLine) : http://mail.aol.com
- GMX : http://www.gmx.com
Daftar Situs Penyedia
Layanan Email Gratis Lokal di Indonesia
- Telkom : http://mail.telkom.net
- Plasa : http://mail.plasa.com
- ILMCI : http://mail.ilmci.com
Cara Menggunakan Email - Login dan Mengirim Email dengan Gmail
Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk
dan membaca/kirim email di akun anda :
1. Username
| Nama Login
2. Password
| Sandi
3. Stay
signed in | Tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
Cara Membaca Email :
1.
Login
2.
Pilih [klik] Email yang ingin dibaca
3.
Untuk kembali ke daftar Email awal, atau
utk melihat bila ada email terbaru, klik Inbox (Di layanan email lain seperti
yahoo, hotmail, dsb, anda harus klik Inbox utk menuju ke daftar email masuk)
Cara Mengirim Email
1.
Login [bila belum login]
2.
Pilih [klik] Compose Mail | Buat Surat
3.
To | Kepada, isi dengan email tujuan ( Cc/Bcc, dikosongi saja)
4.
Subject | Perihal, judul, maksud,
tujuan dibuatnya surat
5.
Attachments | Lampiran
-
Choose | Pilih file
-
Attach more files | Lampirkan file lainnya
-
Send | klik utk Kirim Surat
-
Save draft | utk menyimpan email yg baru dibuat, tapi belum akan dikirim
-
Discard | Gagal, tidak jadi kirim surat
Menu lainnya
1.
Starred - daftar Email yg ditandai
2.
Sent - daftar Email terkirim
3.
All mail - daftar semua email
4.
Spam - daftar Email bohong, iseng,
biasanya menipu
5.
Trash - seperti tempat sampah (Recycle
bin), berisi email yg di delete (di hapus)
6.
Contacts - Daftar Contact Email teman
7.
Settings - Setelan
Logout | Keluar
Biasakan klik Log out setiap selesai
menggunakan akun Email demi keamanan privasi anda
Buat Email Sekarang !!
Kita juga dapat melihat cara kerja
email pada link yg tertera dibawah ini
Berikut beberapa sumber saya ambil :
http://articles-at.blogspot.com/2011/04/cara-menggunakan-email-login-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar