Sabtu, 03 Januari 2015

Lingkup Data

A.    Hirarki Data
Hirarki data adalah  tingkat kompleksitas nilai data, tingkatan data dapat disusun kedalam sebuah hirarki, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling komplek.  

B.     Penyimpanan Data
Komputer mempunyai perangkat keras untuk media penyimpanannya. Memori eksternal adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd.
SASD
1.      SASD (Sequential Access Storige Device)
Adalah akses data secara tidak langsung (berurutan), seperti pita magnetik. SASD memiliki prinsip kerja seperti sebuah kaset lagu, yaitu jika kita akan merekam atau mendengarkan lagu, maka lagu kedua akan didahului lagu pertama, dan seterusnya.
Media penyimpanan dimana dalam akses membaca dan menulis data secara berurut Contoh : pita magnetik atau tape magnetik Gambaran pembacaan dan media penyimpanan sequential :Untuk mendengarkan lagu kelima, kita harus melalui lagu kesatu, dua, tiga dan empat terlebih dahulu. Pembacaan seperti inilah yang disebut sebagai sequential atau berurutan.
2.      DASD (Direct Access Storage Device)
Adalah media penyimpanan dimana mempunyai akses langsung terhadap data. DASD memiliki prinsip kerja seperti sebuah CD lagu, kita tidak perlu menyetel lagu pertama jika ingin mendengarkan lagu ke dua. Contoh : Media Compact disk/ DISK Magnetik Apabila lagu-lagu yang ada kemudian disimpan didalam compack-disk, maka untuk mendengar kan lagu yang ke-lima bisa langsung dilakukan (dibaca secara random). Disamping itu, dengan compack-disk juga bisa dilakukan pembacaan secara berurutan atau sequential.
Dengan menggunakan Direct Access Methode (metode pembacaan/penulisan secara langsung), maka, record yang tersimpan didalam sebuah disket, Hard-disk, CD ROM ataupun Laser-Disk dapat di-access secara langsung dengan tanpa harus membaca seluruh data yang dimilikinya.



C.    PEMROSESAN DATA
Pemrosesan data (inggris: data processing) adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubahdata menjadi informasi atau pengetahuan. Pemrosesan data ini sering menggunakan komputer sehingga bisa berjalan secara otomatis. Setelah diolah, data ini biasanya mempunyai nilai yang informatif jika dinyatakan dan dikemas secara terorganisir dan rapi, maka istilah pemrosesan data sering dikatakan sebagai sistem informasi.
Kedua istilah ini mempunyai arti yang hampir sama, pemrosesan data mengolah dan memanipulasi data mentah menjadi informasi (hasil pengolahan), sedangkan sistem informasi memakai data sebagai bahan masukan dan menghasilkan informasi sebagai produk keluaran. Ada beberapa cara untuk pemrosesan data, yaitu :
1.      Pemrosesan DASC
2.      Pemrosesan Online
3.      Sistem Realtime

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar