Minggu, 30 September 2012

Netiquette


NETIQUETTE

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTt4eiUhiykqSgt2ccaFevzTVlvgt-Ax-kukdJwrATmRgPg1tRGHsTHm3KUsna3-nIwZXHh5l9XzUOdu4GVJGCgmF8Mzm9SbZLH1WQpAKJBiZkg49ZNLq3GScho5IQIGHn9_bFkaGr-WM/s1600/netiquette.gif Netiquette kepanjangan dari Network + etiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet. Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka. Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:
Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, mungkin dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengupload data pribadi anda. ada baiknya anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju adalah dijamin keamanannya.
dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
a.    Jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b.    Jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c.    Jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d.    Jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e.    Jangan flamming, trolling, junking saat berforum.

Istilah yang dikenal sebagai 'netiket' atau nettiquette. Netiket adalah etika dalam berkomunikasi dalam dunia maya, di bawah ini khusus untuk berkomunikasi dalam sebuah forum/milis. Tulisan ini diadaptasi dari beberapa sumber dan juga pengalaman pribadi penulis tatkala mengikuti sebuah forum/milis.
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Karena penggunaan karakter huruf bisa dianalogikan dengan suasana hati si penulis. Huruf kapital mencerminkan penulis yang sedang emosi, marah atau berteriak. Tentu sangat tidak menyenangkan tatkala Anda dihadapkan dengan lawan bicara yang penuh dengan emosi bukan? Walau begitu, ada kalanya huruf kapital dapat digunakan untuk memberi penegasan maksud. Tapi yang harus dicatat, gunakanlah penegasan maksud ini secukupnya saja, satu-dua kata dan jangan sampai seluruh kalimat/paragraf.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chat, penggunaan huruf besar [kapital] biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud Anda.
2. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum menjadi terganggu.
3. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), Anda tidak sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum.
4. Hati-hati terhadap informasi/ berita hoax
Tidak semua berita yang beredar di internet itu benar adanya. Seperti halnya spam, hoax juga merupakan musuh besar bagi para kebanyakan netter. Maka, sebelum anda mem-forward pastikanlah terlebih dahulu bahwa informasi yang ingin anda kirim itu adalah benar adanya. Jika tidak, maka anda dapat dianggap sebagai penyebar kebohongan yang akhirnya kepercayaan orang-orang di sekitar anda pun akan hilang.
5. Ketika 'Harus' Menyimpang Dari Topik (out of topic/ OOT)
Ketika Anda ingin menyampaikan hal yang diluar topik (OOT) berilah keterangan, supaya subject dari diskusi tidak rancu. Tiap milis/forum tentu memiliki peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala anda ingin menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda agar anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya, ketika ingin menyampaikan saran untuk BEM:
[OOT] Saran untuk BEM Perguruan Tinggi ASIA.
6. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi debat yang sengit, jangan sekali-kali Anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan argumentasi hanya dengan data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat, jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan diskusi sebagai senjata sekalipun ia adalah orang yang Anda benci. Budayakan sikap Diskusi yang sehat, bukan debat kusir.
7. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka perbaikan sistem forum, Anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak menunjuk orang per orang tertentu.
8. Dilarang menghina Agama :
Ada beberapa forum dalam Situs ini yang memungkinkan terjadinya debat antar agama, atau debat antara Kristiani sendiri yang berlainan denominasinya. Untuk itu diharapkan agar masing-masing netter tidak menghina nama Tuhan, nama nabi, Kitab Suci, Denominasi dst. untuk membenarkan keyakinannya sendiri.
9. Cara bertanya yang baik :
1. Gunakan bahasa yang sopan.
2. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
4. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa yang baik dan mudah dimengerti.
5. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
10. Khusus - Netiket di SarapanPagi Biblika :
Dalam SarapanPagi Biblika ini, juga disediakan Forum khusus yaitu FORUM TERBUKA - TANYA-JAWAB, Forum ini bukan sebagai debat antar agama dengan mengkritisi agama lain. Tetapi sebagai diskusi yang baik yang memberikan jawaban-jawaban dan alasan-alasan dari kepercayaan Kristiani. Untuk itu Sahabat-sahabat SP mohon berdiskusi dengan santun penuh kasih dan menjadi tuan rumah yang baik bagi saudara-saudara kita dari kalangan Muslim dan juga kepercayaan lain.
11. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan- kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama "Forward", yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
12. Jangan terlalu banyak mengutip
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja.
Ketika anda ingin memberi tanggapan terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa berakibat kecepatan akses ke forum tersebut menjadi terganggu.
Ini berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol "Reply", umumnya sebagian besar program mailer akan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah (sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja. Kutip Seperlunya saja.
13. Menahan diri dari menggunakan huruf berwarna dan gambar/warna background.
Pilihan warna akan mempersulit pemrosesan email, dan bisa mengakibatkan sulit dibaca, sehingga isi yang ingin disampaikan tidak sampai.
15. Jangan gunakan CC (copy carbon)
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
16. Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail rekan Anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
17. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata: "Good." Wah, ini sangat menyebalkan.
18. Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By the Way (= ngomong-ngomong) bisa disingkat menjadi BTW. In My Opinion (=menurut hemat saya) bisa disingkat IMO. Because (=karena) bisa disingkat menjadi 'coz. Penggunaan kata sapa Bahasa Inggris misalnya, kalimat How are you?, bisa diganti menjadi How R U? Kalimat "Menurut hemat saya" bisa diganti menjadi IMHO (In My Humble Opinion) dan sebagainya.
19. Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan e-mail secara internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam milis. Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain memiliki mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa internet (ISP) di Indonesia 'hanya' memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas menambah beban pulsa.
Saat file melebihi kuota, maka proses downloading praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal.
Jika memang harus melakukan transfer file, sebaiknya minta izin dulu, bahwa anda akan mengirim file, sekaligus jelaskan besar file-nya. Setelah rekan anda setuju, barulah kirim melalui attachment. Tapi untuk lebih amannya, gunakanlah situs yang khusus menyediakan jasa transfer file ini. Selain praktis, semua rekan anda pun bisa menentukan pilihan, ingin ikut mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau e-mailnya terganggu. Toh sudah banyak situs-situs gratisannya.
20. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda mengutip.
21. Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs
Walaupun sangat mudah untuk mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut baik 'permohonan ijin' anda untuk mempelajari source code-nya dan ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk bertanya kepadanya.
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
* Apakah ada ketentuan Copyright?
* Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? -> Jangan mengkomersilkan!
* Jangan sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwith jaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
* Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan konsumsi publik.
22. Menjawab dengan simple dan tidak menimbulkan pertanyaan balik
Banyak orang yang menjawab pada thread tertentu sepotong-potong atau dengan kata-kata bahasa planet sehingga menimbulkan pertanyaan balik sampai-sampai keuar dari topik hanya untuk menanyakan hal baru dari jawabah yang sepenggal atau bahasa planet itu. Saya kira bahasa lebih bijaksana menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan lugas dan yang penting ga mbulet serta tepat ringkas padat berisi yang jelas montok tidak ikut he he he.
23. Jangan pernah memberikan nomor telepon atau personal information orang lain tanpa persetujuan pihak terkait
24. Gunakan Internet untuk mencari informasi yang diperlukan. Gunakan search engine yang tepat
25. Jangan gunakan “Return Receipt” untuk setiap email yang dikirim. Seolah-olah kita ingin tahu apakah mereka membuka email yang kita kirim
26. Setiap orang masih belajar. Internet berubah setiap hari, dan kita semua harus mempelajari perubahan yang ada
27. Kalau menerima “nasty” email, jangan langsung membalas
28. Ingat bahwa email pribadi adalah hak cipta si penulis. Jika ingin memforward email pribadi, sempatkan meminta izin dari penulis
FAKTA UTAMA:
Para anggota forum saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran. Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong anda. Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA
Coba baca lagi dokumentasi/petunjuk produk tersebut baik-baik.
Coba cari dahulu jawabannya dengan mencari di Internet (Google, dll).
Coba cari jawabannya di arsip milis dari produk tersebut (jangan bertanya atas jawaban yang sudah ada di arsip, karena itu hanya akan membuat orang jengkel kepada anda!).
Dan seterusnya, pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Karena jika anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha anda, maka orang lain cenderung melihat anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu anda.
Kemudian, cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan anda tersebut. Pertanyaan mengenai programming akan cenderung diabaikan, atau malah akan mengundang kecaman, jika diposting di forum mengenai perangkat keras (hardware).
Cross-posting cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan anda (”Ah, paling forum itu sudah menjawabnya..”). Kalaupun anda merasa betul-betul perlu untuk memposting pertanyaan tersebut ke beberapa forum sekaligus, maka kirimlah sebagai satu buah e-mail untuk setiap forum atau gunakanlah BCC seperti yang sudah kita bahas sebelumnya.
KETIKA BERTANYA
Jangan bertanya langsung ke individu. Bertanya ke forum/milis adalah lebih baik, karena:
Jawaban dari pertanyaan anda tersebut jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang.
Jawaban dari pertanyaan anda biasanya akan tersimpan di arsip forum tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul di hasil search Google, dll).
Poin-poin diatas dapat menjadi insentif bagi para pakar/moderator di forum tersebut untuk menjawab pertanyaan anda.
Anggota forum dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan anda.
Dan, e-mail yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi merasa terganggu.
CARA BERTANYA YANG BAIK
1. Gunakan bahasa yang sopan.
Jika anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan anda
Gunakan kata-kata seperti “Apakah ada yang bisa membantu saya?”; “Terima kasih banyak sebelumnya”, de-es-te.
Ingat bahwa mereka tidak menerima bayaran untuk membantu anda, jadi setidaknya jangan lupa mengucapkan terima kasih.
2. Jangan asumsikan bahwa anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA UTAMA di atas.
Karena jika anda telah berasumsi begini, maka anda hanya akan kecewa sendiri ketika tidak mendapat jawaban, dan alih-alih berusaha introspeksi, anda malah marah-marah di forum tersebut yang akibatnya semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).
3. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul e-mail seperti “Tolooongg!!!”, “Ada yang tahu?”, “Betulkah?” cenderung diabaikan, karena memberikan kesan bahwa anda terlalu malas bahkan sekedar memberi judul yang sesuai dengan isi e-mail.
Judul e-mail seperti “Komputer restart sendiri setelah memasang Service Pack 2? akan mempunyai kans/peluang yang lebih besar untuk dijawab.
4. Jelaskan masalah anda secara detil berikut dengan data yang ada.
INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer anda, jadi sumber informasi mereka hanya dari tulisan anda saja. Maka buatlah tulisan tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
5. Buat agar e-mail anda informatif dan tidak asal panjang lebar.
Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat e-mail anda menjadi sangat panjang justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan anda.
(”Ya ampun sudah lama-lama download e-mail dia ternyata isinya cuma beginian!?”) Delete!!!
6. Tulis pertanyaan anda dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi anda.
7. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak lain.
Kalimat seperti “Ada bug di program akunting ini,” tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pembuat program tersebut (yang jelas adalah para pakarnya) menjadi tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan anda, atau malah tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan membuat klaim hal yang tidak bisa anda buktikan.
8. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan anda.
Jika anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan anda salah, atau malah menunjukkan kebodohan anda sendiri di depan umum.
9. Buat kesimpulan setelah permasalahan anda terjawab.
Setelah pertanyaan anda terjawab/masalah terselesaikan, kirim satu e-mail/tulisan lagi ke forum yang menjelaskan langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain akan memberi manfaat serta kemudahan kepada orang lain yang memiliki permasalahan serupa tanpa perlu mengajukan pertanyaan yang sama, ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan anda berikutnya di forum tersebut, karena para pakar forum akan menilai bahwa anda juga bisa memberi balik/feedback (dan tidak hanya meminta). Umumnya mereka sangat menghargai ini.
MENANGGAPI JAWABAN
Jawaban yang menyelesaikan permasalahan anda tentu perlu dibalas, kecuali untuk mengucapkan terima kasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
1. RTFM atau STFW.
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa anda telah melakukan kesalahan yang fatal.
Sebab bisa jadi jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW). Jangan tersinggung, karena ini fakta bahwa anda telah melakukan kesalahan etika.
2. Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang menurut anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi anda. Dan berbagai kemungkinan lainnya. Yang lebih bijak adalah menenangkan diri anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan malah ikut emosional, timpali dengan memberi data dan fakta saja.
Jika ada jawaban yang tidak berkenan bagi anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
Kemungkinan anda telah bertanya hal-hal yang memalukan anda sendiri (mengulang-ulang pertanyaan yang telah ada di arsip milis), padahal kebanyakan forum dan milis secara otomatis telah terarsip di grupnya masing-masing, dan ini bisa dilihat oleh semua orang di dunia.
Para pakar di forum tersebut akan mengingat anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan.
Kutip
“Tindakan anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan anda selama bertahun-tahun setelahnya.”
Yang lebih baik adalah anda introspeksi diri anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah anda langgar? Jika rasanya anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang forum tersebut bukanlah forum yang tepat. Tapi jangan malah dibalas, karena anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup keluar dan cari saja forum lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
JIKA TIDAK ADA YANG MENJAWAB PERTANYAAN
1. Jangan tersinggung.
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless).
2. Jangan posting ulang pertanyaan anda.
Karena ini hanya akan membuat orang lain di milis tersebut menjadi kesal (”Cerewet sekali orang ini!”). Sebaliknya, carilah jawabannya di forum lain.
CONTOH-CONTOH PERTANYAAN YANG BAIK DAN YANG SALAH
Salah:
Dimana saya bisa temukan program X? -> (ya di Google, dodol!)
Baik:
Saya sudah mencari program X di Google, tapi tidak ada yang relevan/justru ketemu situs-situs mengenai produk Y. Apakah ada yang bisa membantu menunjukkan saya informasi mengenai cara untuk menggunakan fasilitas Z di program X tersebut?
Salah:
Bagaimana cara untuk install Linux? -> (RTFM!!!)
Baik:
Saya sedang meng-install Mandrake versi 9.2, namun saat sedang mendeteksi network card malah jadi hang. Network card saya merk D-link tipe TX530. -> (1. informasi jelas, detail, dan relevan)
Saya sudah coba cari di Google dan http://www.mandrakeuser.org/, namun tidak ada informasi mengenai hal ini. -> (2. penanya jelas sudah berusaha, namun masih belum berhasil juga)
Ada yang tahu bagaimana solusinya?
Salah:
Motherboard saya gak mau hidup, gemana nehhh…??!! -> (Lo mau bayar gue berapa emangnya?!)
Baik:
Komputer saya tidak mau hidup setelah saya pasangi card Radeon 9800XT. Ada bunyi bip 3 kali sewaktu saya menekan tombol power. Sayang tidak ada informasi mengenai bunyi bip ini di buku manual dan websitenya. Motherboard saya merek Epox tipe XXX-321. Ada yang bisa membantu?
Salah:
Ketika anda menghubungi pakar melalui PM:
“Tolong bantu jawab permasalahan saya yang ada di forum donk!” -> (Jangan seenak lo perintah2! Forum tuh punya ratusan thread, ribuan post, masalah mana yang lo maksud?! Emangnya gue mantengin terus tuh forum! Kenal lo juga kagak!)
Baik:
Saya sudah coba jalankan semua instruksi-instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan masalah saya sebagaimana yang ada di thread ini (http://alamatforum.com/thread/post.html), namun sepertinya tidak memberi pengaruh tuh. Kira-kira kekurangannya dimana ya? Atau punya alternatif lain?
Kesimpulannya, jangan pernah malas untuk memanfaatkan fasilitas Google secara maksimal. Sekaranglah saatnya belajar memahami kondisi pada saat anda berada pada posisi sebaliknya, yakni sebagai pihak penjawab.
1. Usahakan untuk memahami situasi penanya.
Stress karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja membuat e-mail yang terbaca kasar/egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan membantu mereka.
2. Jawablah sesuai bagian pertanyaan.
Jangan menjawab dua-tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan anda menjawab hanya dalam satu kata: “Good.” Wah, ini sangat menyebalkan. Inilah yang disebut jawaban one liner (pesan satu baris), sesuatu yang dianggap tidak menghargai penanya.
3. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu!
Beda antara diplomat dengan ilmuwan adalah bila ilmuwan berkata berdasarkan fakta, maka diplomat bicara sesuai selera. Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi anda sebagai pakar di forum yang bersangkutan.
4. Jangan ejek seseorang karena ketidaktahuannya. Ingat, anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jadi jangan sombong!
5. Jika informasi yang ada kurang.
Jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan. Ingat ‘kan ketika dulu anda masih bodoh, dan orang-orang membantu anda dengan senang hati? Bantuan anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.
6. Saat memberi jawaban RTFM atau STFW.
Walau memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika anda bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang ’sekedar’ memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
7. Jika ada fasilitas FAQ (Frequently Asked Questions) di forum anda.
Jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para calon penanya akan sangat terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat, dan anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi berkurang. Selain itu, disini juga masih terikat dengan ketentuan umum netiket yang pernah kita bahas sebelumnya seperti penggunaan huruf kapital, pengutipan bagian seperlunya atau bahkan perlakuan terhadap private message, dan lain-lain.
Itulah beberapa netiket yang seyogyanya diperhatikan oleh para netter. Demikian, agar NETIKET ini dapat menjadi acuan kita dalam berdiskusi dimanapun forum diskusi internet berada. Saya lebih suka mengatakan bahwa etika berinternet itu tidak tertulis seperti ini karena etika adalah undang-undang tak tertulis seperti di dunia nyata namun tetap saja etika ini perlu diketahui agar dapat bertindak sesuai dengan norma dan etika yang ada. Etika ini akan selalu berubah seiring jaman dan menyesuaikan tempan , sikon, dll. Bersifat dinamis.

Aturan Inti Netiquette :
1.    Kita semua manusia, bahkan saat berada di Internet sekalipun. Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan halhal negatif mengenai situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan flaming.
2.    Ikuti aturan seperti di kehidupan nyata saat online. Bersikap dan bertindak dengan selalu memperhatikan etika, dan jangan buruburu menyimpulkan sesuatu.
3.    Ingatlah di mana berada ketika sedang online. Netiquette bervariasi dari satu tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama.
4.    Hormatilah orang lain ketika Anda sedang online.

Contoh kasus netiquette
Ada seseorang yg membuat thread di www.kaskus.us tentang penjualan barang elektronik yaitu handphone lalu di thread yg di postkan oleh orang td itu ada orang yg mengomentari threadnya dengan cara memaki maki mengeluarkan kata kata yg sangat kasar dan menjatuhkan reputasi si pembuat thread tersebut . lalu comment itu pun langsng di hapus oleh admin yg bertugas di situs tersebut.

Fungsi
Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
Manfaat
Netiquette dapat bermanfaat dalam hal itu dapat mencegah orang dari mengirimkan komunikasi perlu yang dapat membuang-buang waktu orang lain. Hal ini juga dapat mencegah orang dari posting konten yang tidak patut atau jelek di Internet. Misalnya, teks ditulis dalam huruf kapital bisa sulit untuk membaca dan mengetik dalam huruf kapital sering dianggap “berteriak” dalam komunikasi online dan disukai di komunitas internet banyak.
Fitur
Fitur dari netiket dapat bervariasi secara signifikan dari satu komunitas web yang lain tetapi ada beberapa standar yang diterima secara umum di Internet. Lain kemudian menahan diri dari penggunaan spam dan huruf kapital yang berlebihan, menahan diri dari membuat komentar cabul atau diskriminatif juga merupakan aturan umum. Indiana University merekomendasikan menulis online informasi dalam paragraf ringkas dengan kapitalisasi yang tepat dan tanda baca dan menjadi bijaksana dengan bahasa Anda, terutama di forum-forum publik dan ketika menulis komunikasi kelompok, seperti email massal.
Identifikasi
Bila pengguna baru untuk sebuah komunitas web, seperti forum web baru, masyarakat mungkin telah menerima aturan netiket bahwa pengguna tidak akrab dengan. Hal ini dapat membantu untuk mengamati dan membaca komunikasi anggota lain dari komunitas web untuk mengambil pada netiket diterima.
Pertimbangan
Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.

Sumber :
http://deskripsi.com/komputer/netiquette

CHATTING


CHATTING
Software chattinghttps://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqOAryhmkZc_K7c-vrVoYOs48AL_N6nzQp_dhZu-fLaZjprmPf8-q8w-HRiOo4A6Qe_Pic409KxX80Cp86W6XRPSGlucEf98tySDShoZil60_X4dwymCPzGsTsNx-pog2tV094H8oO7vU7/s320/chatting.jpg
Pertama, kita bahas sejarah dari chat itu sendiri,
Ini benar-benar dimulai sebagai real time chatting sederhana program di tahun 1960 sebelum Internet pernah ada. Internet Relay Chat dikembangkan pada akhir 1980-an dan merupakan jenis obrolan bahwa semua pengguna komputer kebanyakan akrab dengannya. Internet relay chatting memulai dengan hanya kira-kira dua belas user pada server 38.  Sementara obrolan mungkin mulai dengan langkah lambat, sekarang salah satu aktivitas online paling populer untuk melakukan menggunakan internet dan pesan teks.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960.Begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga, yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.
Referensi pertama dari chatting yang pernah terjadi sebenarnya di tahun 1960. Meskipun internet belum dikembangkan lagi, ada real time chat untuk program yang di izinkan pengguna yang terhubung dengan ke komputer yang sama untuk chatting dengan satu sama lain. Pesan hanya dapat dikirim ke dua pengguna pada satu waktu. Para pengguna komputer harus tahuapa alamat dari komputer itu, meskipun,untuk mengirim pesan.
Internet relay chat di ciptakan pada tahun 1988 oleh jarkko “Wiz” oikarinen. Dia dirancang server obrolan pertama saat bekerja si universitas Oulu, Finlandia di departemen ilmu informasi pengolahan. obrolan pertama adalah nama server tolsun.oulun.fi.jarkko kemudian mulai menghubungi teman-teman lainnya untuk membuat server juga. Universitas perguruan tinggi lainnya segera kemudian mulai membuat server sendiri juga. Jarkko segera menghubungi server untuk membuat jaringan pertama. begitu jaringan telah tersambung, yang lain mulai menciptakan mereka sendiri juga,yang menyebabkan 40 server di seluruh dunia pada tahun 1989.

Pengertian chatting :
Chatting adalah suatu feature / program dalam Internet untuk berkomunikasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang online (yang sedang sama-sama menggunakan Internet). Komunikasi bisa berupa teks (text chat) atau suara (voice chat). Anda mengirim pesan dengan teks atau suara kepada orang lain yang sedang online, kemudian orang yang dituju membalas pesan Anda dengan teks atau suara, demikian seterusnya.

Manfaat / kegunaan chatting :
1.    Sarana komunikasi yang murah dan mudah
2.    Konsultasi dengan dokter, beberapa website menyediakan jasa konsultasi kesehatan dengan dokter yang dapat kita pergunakan.
3.    Berhubungan dengan para pakar, beberapa website menyediakan jasa konsultasi dengan pakar,maka kita dapat berkomunikasi melalui chatting dengan pakar yang kita cari.
4.    Mengetahui isi buku, melalui www.libraryplanet.com kita dapat chatting tentang isi buku.
5.    Mendapatkan teman baru, kita dapat mencari teman dari negara yang berbeda dan saling bertukar informasi dengan mereka.
6.    Sarana belajar dan diskusi, website belajar jarak jauh umumnya menyediakan fasilitas chatting untuk belajar dan berdiskusi dengan dosen maupun teman sekelas.


Kelebihan dan kekurangan chatting :
Kelebihan :
1.    Tidak Memakan Pulsa yang banyak
2.    Bisa conference, jadi rame rame
3.    Efisien
4.    Dilengkapi emoticon emoticon yang imut >.<
5.    Terkenal
6.    Mudah dibaca karena dari atas ke bawah
Kekurangan :
1.    Tidak semua orang bisa online
2.    Menyita waktu sangat banyak
3.    Banyak "whore" luar yang suka kirim2 gajelas (spam)

Pernah dengar istilah chat room? Pastinya sudah tidak asing lagi bagi yg suka berchatting. Sedikit saya akan membahas tentang chat room.
Kamar chatting, lebih dikenal sebagai chat room, adalah tempat virtual di mana orang bertemu online untuk berbicara satu sama lain dengan teks, audio dan video. Chat kamar telah sangat populer sejak masa awalinternet dan popularitas mereka belum pudar dari waktu ke waktu. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat menikmati menggunakan kamar mengobrol untuk berbicara,bercanda, berbagi pengalaman, bertukar ide, pikiran atau hanya mengenal satu sama lain. Chat room sepertipapan pesan interaktif di mana Anda posting pesan dan mendapatkan respon segera. Selain itu, ruangmengobrol biasanya datang dengan fitur pesan pribadi yang memungkinkan Chatters untuk mengambilpercakapan publik dengan satu individu ke area pribadi.
Namun beberapa aplikasi chat room seperti yang ditawarkan oleh Yahoo tidak memerlukan pembagian chat room karena chat room ini hanya bisa dimasuki bila orang tersebut diundang secara langsung untul ikut dalam live chat yang sedang berlangsung. Hal ini yang membedakan aplikasi yahoo dengan yang lain. Semoga bermanfaat.

Ada juga beberapa etika dalam ber-chatting :
1.    Jujur
berusaha untuk berbicara jujur.memang sih kita jujur atau tidak,tean chatting kita tidak akan tahu.tapi beberapa orang sangat senang dengan kejujuran.jika dari awal chatting,kamu sudah berbohong maka di kemudian hari kamu bisa menerima akibatnya...salah satunya mereka akan malas chatting dengan kamu lagi

2.    Jangan suka iseng
tidak semua orang yang sedang online berarti mereka memiliki waktu untuk chatting,ada beberapa orang yang online tapi mereka sedang sibuk dengan pekerjaannya.jika kamu menggunakan yahoo messenger,usahakan jangan terlalu sering "buzz" teman chatting kamu.karena hal itu akan membuat mereka marah...

3.    Sopan
baik di kehidupan nyata maupun dunia maya,kita harus selalu bersikap sopan.usahakan untuk selalu berbicara dan bersikap sopan.jangan pernah mengucapkan kata kata kotor,jika kesan peratama kamu sudah jelek maka selanjutnya mereka tidak akan lagi mau chatting dengan kamu.

4.    Ucapkan salam
setiap kali mulai chatting tidak ada salahnya kamu menuliskan beberapa kata salam seperti..halo,selamat pagi,selamat siang,apa kabar..dijamin mereka akan senang mendengarnya.dan jika akan mengakhiri percakapan..bisa gunakan kata sampai jumpa lagi,selamat tinggal,bye,atau senang ngobrol dengan kamu.

5.    Pasang status
jika kamu tidak mau diganggu oleh teman chatter lain.kamu bisa memasang status seperti "bussy,dont disturb,gak bisa diganggu"

6.    Jangan terlalu cuek
jangan terlalu lama membalas pesan dari lawan chatting kamu.karena mereka tidak akan suka disuruh menunggu terlalu lama,jika kamu sedang sibuk,katakan sedang sibuk agar mereka merasa tidak dicuekin

7.    Perhatikan penggunaan huruf
terkadang kamu menganggap remeh huruf besar(caplock).karena kamu merasa huruf besar dan huruf kecil sama saja.tapi huruf besar dan huruf kecil memiliki arti berbeda.jika menggunakan huruf kecil berarti nada bicara kamu normal dan biasa saja.tapi jika kamu menggunakan huruf besar berarti kamu sedang teriak dan bicara dengan nada keras.bagi orang yang mengerti dengan arti tulisan tersebut,mereka akan merasa tersinggung jika kamu menggunakan huruf besar.jadi hindari penggunaan huruf besar

8.    Mengganti topik
jika kamu sedang masuk kesalah satu room.disana pasti mereka sedang membahas suatu topik.jangan sekali kali kamu mencoba mengganti topik pembicaraan.karena mereka bisa marah.ikuti topik pembicaraan yang sedang dibahas.jika kamu merasa tidak cocok dengan topik yang sedang dibahas,kamu bisa pindah room dan mencari room yang sesuai dengan selera kamu.

9.    Jangan membicarakan SARA
saat mengobrol,jangan pernah membawa bawa masalah SARA kedalam topik pembicaraan.karena hal ini sangatlah sensitive,mereka dengan mudahnya akan merasa sangat tersinggung

10.  Jangan memaksakan kehendak
jika lawan bicara kamu sudah tidak mau lagi mengobrol,jangan paksakan kehendak.karena mereka akan langsung berpikir negative tentang kamu

itulah beberapa etika chatting yang harus kamu patuhi,semoga setelah memerapkannya.kamu bisa disukai oleh lawan chatting kamu.

Berikut 10 software yang layak anda ketahui :
1.    Yahoo Messenger
2.    Windows Live Messenger
3.    Google Talk
4.    AIM
5.    Pidgin
6.    Trillian
7.    Miranda
8.    ICQ
9.    Xchat
10.  Digsby
Bagaimana cara menggunakan Gmail untuk chat? Check this out...



Sumber :
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2011/09/05/apa-itu-chat-room/